Katanya hari ini hari “EARTH HOUR” ya…Hari apaan itu ya?? Katanya sih,, hari dimana mematikan lampu atau tidak menggunakan energi listrik sama sekali (katanya…) selama satu jam (kok, hanya satu jam????)…. memang banyak yang peduli akan hal ini (TERIMA KASIH bagi yang sudah peduli), tapi kanyaknya “EARTH HOUR” ini sia-sia saja ya…Bayangkan orang tidak menggunakan listrik selama sejam…tapi satu jam sesudahnya pasti malah kembali lagi…bahkan mungkin bisa melebihi penggunaan listrik sebelumnya…contohnya (tidak berniat suson) setelah satu jam mematikan listrik kemudian menyalakan AC karena kepanasan…lah itu sama saja bohong….Harusnya kita mesti sadar, bahwa untuk menghemat energi, tidak perlu kita menunggu “satu hari”  yang dijadikan semacam “kegiatan peringatan”…..
Lihatlah seperti apa yang dilakukan oleh warga di kota Sonnenschiff ini…….

Sonnenschiff sebuah kota di Freiburg, Jerman ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki kota lain. Kota berkesinambungan ini bisa memenuhi sendiri kebutuhannya akan energi lewat desain tenaga surya yang brilian dan banyak sekali panel fotovoltaik yang diarahkan ke arah yang tepat. Sepertinya ini strategi yang sederhana — tapi para arsitek sering kali kurang memprioritaskan instalasi tenaga surya.

Didesain oleh Rolf Disc, Sonnenschiff (Pesawat Sinar Surya) dan Solarsiedlung (Desa Sinar Surya) menekankan produksi energi dari awal dengan menggabungkan serangkaian pembangkit tenaga surya di atap. Bangunan-bangunan di sana juga dibangun sesuai standar Passivhaus, yang memungkinkan proyek ini menghasilkan energi empat kali lipat dari yang dibutuhkan.

Rumah-rumah ini memiliki atap gudang yang sederhana yang menggantung sehingga memungkinkan sinar matahari masuk pada musim dingin dan meneduhi bangunan dari sinar matahari pada musim panas. Bagian atap juga memiliki sistem daur air hujan yang mengairi taman-taman dan mensuplai air ke toilet.

Semoga artikel ini dilihat oleh banyak orang, sehingga mampu menyadarkan bahwa untuk menghemat energi itu cukup mudah, tidak usah untuk menunggu “satu momen” tertentu untuk menghemat energi…

AYO SEGERA LAKUKAN TINDAKAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

sumber: maniatekno